Sejarah Komputer (Lengkap)

Sejarah Komputer - Sejarah komputer, Sejarah komputer mencakup perangkat keras, arsitekturnya, dan pengaruhnya terhadap perangkat lunak. Istilah Komputer berasal dari bahasa latin "computare", yang berarti alat hitung, karena awalnya komputer lebih digunakan sebagai perangkat bantu dalam hal penghitungan angka-angka sebelum akhirnya menjadi perangkat multifungsi. Komputer saat ini adalah hasil evolusi panjang dari komputer zaman dahulu, yang mulanya adalah alat mekanik dan elektronik. Berikut ini contoh penemuan komputer.


sejarah komputer
SEJARAH KOMPUTER

SEJARAH KOMPUTER

Sejarah komputer - Komputer merupakan perangkat yang amat serius saat ini buat menolong menangani job harian anda dengan cepat, disamping itu dengan ukurannya yang kecil sehingga gampang buat dibawa-bawa. Namun jika kita menatap ke sebagian dekade yang lantas tentang sejarah komputer beserta perkembangannya, yang mana terhadap saat itu tak secanggih yang sekarang, ukurannya pun terbilang amat besar serta berat.

Sejarah komputer serta pernyebaran komputer dibagi menjadi lima generasi, setiap generasi ditetapkan didasarkan teknologi pengembangan yang dipakai buat bikin komputer tersebut beroperasi. Dari setiap teknologi pengembangan ini menghasilkan komputer yang lebih kecil, murah, efektif serta tangguh.

Abacus - Sempoa atau Abacus adalah alat kuno untuk penghitungan yang terbuat dari rangka kayu dengan sederetan poros yang berisi manik - manik yang bisa di geser. Alat ini digunakan untuk melakukan operasi aritmetika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian pembagian dan akar kuadrat.Muncul sekitar 5.000 Tahun yang lalu di cina dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini. Abacus dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi (penghitungan). Penggunanya melakukan perhitungan dengan menggunaka biji - bijian geser yang diatur pada sebuah rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, abacus kehilangan popularitasnya.
Mesin Buatan Charles Babbage . Banyaknya kesalahan perhitungan dengan manual menginspirasikan seorang ilmuan yaitu Charles Babbage buat mendapatkan mesin hitung mekanik sehingga bisa kurangi kesalahan perhitungan. mesin mekanik amat baik dalam mengerjakan tugas yang setara berulang kali dengan tidak kesalahan. sementara matematika memerlukan repetisi sederhana dari suatu langkah - langkah terdefinisi jelas. problem tersebut setelah itu berkembang hingga menempatkan mesin mekanik. setelah itu babbage memperoleh inspirasi dari pernyebaran mesin hitung yang dikerjakanoleh wilhem Schickard, blaise pascal, serta gottfried leibniz. Charles Babbage mengusulkan suatu mesin buat melaksanakan perhitungan persamaan differensial yang timbul terhadap tahun 1822. Mesin tersebut dinamakan mesin differensialDengan. memakaikan energi uap, mesin tersebut bisa menyimpan program serta bisa melaksanakan kalkulasi dan mencetak hasilnya secara otomatis. sehabis bekerja dengan mesin differensial sepanjang sepuluh tahun, babbage terinspirasi buat memulai bikin komputer generasi purpose (multifungsi) pertama, yang di sebut analitycal engineAtas. sumbangan penemuan yang amat besar ini tersebutkan Charles Babbage dikatakan bapak komputer kekinian. Charles Babbage.
Mesin Analitik (Analitical Engine)- sehabis Penemuan oleh bapak Charles Babbage, tak adanya penemuan baru yang dikata bermakna pada pernyebaran dunia komputer. Sampai dengan timbulnya ilmuan bernama Howard HAiken. (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik buat buat US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki serta mempunyai rentang kabel selama 500 mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator (ASCC), atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia memakaikan sinyal elektromagnetik buat menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beroprasi dengan lambat (membutuhkan 3-5 detik buat tiap perhitungan) serta tak fleksibel (urutan kalkulasi tak bisa di ubah). Kalkulator tersebut bisa melaksanakan perhitungan aritmatik basis serta persamaan yang lebih kompleks. Komputer ini sebenarnya merupakan dambaan Charles Babbage. 

SEJARAH KOMPUTER ( PENGERTIAN KOMPUTER )


Sejarah komputer - Komputer ialah alat yang digunakan buat mengolah data rujukan oleh perintah yang sudah dirumuskan. Kata komputer semula dimanfaatkan buat menggambarkan orang yang perkerjaannya melaksanakan perhitungan aritmetika, dengan atau dengan tidak alat bantu, tapi arti kata ini setelah itu dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berkaitan dengan problem aritmetika, tapi komputer kekinian digunakan buat banyak tugas yang tak berkaitan dengan matematika.

Secara luas, Komputer bisa didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari sebagian komponen, yang bisa bekerja setara antara komponen satu dengan yang lain buat menghasilkan suatu informasi didasarkan program serta data yang adanya. Adapun komponen komputer ialah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse serta Printer (sbg pelengkap). dengan tidak printer komputer tetap bisa melaksanakan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).

Dalam definisi layaknya itu terkandung alat layaknya slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus serta seterusnya, sampai seluruh komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok buat arti luas layaknya "komputer" ialah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi". ( Sejarah Komputer )

Saat ini, komputer telah makin canggih. Tetapi, lebih awal komputer tak sekecil, secanggih, sekeren serta seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, adanya 5 generasi dalam sejarah komputer.

SEJARAH KOMPUTER ( PERKEMBANGAN KOMPUTER )

Dalam sejarah komputer, komputer berkembang sangat pesat guys.

Sejarah Komputer dan Perkembangan dari generasi ke generasi


Sejarah Komputer Generasi Pertama

Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berupaya mendevelop komputer buat mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Perihal ini menaikkan pendanaan pengembangan komputer dan mempercepat kemajuan metoda komputer. terhadap tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sesuatu komputer, Z3, buat mendesain pesawat terbang serta peluru kendali 
Pihak sekutu juga bikin kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menangani komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus buat memecahkan kode rahasia yang dipakai Jerman. akibat pembuatan Colossus tak terlampau memengaruhi pernyebaran industri komputer disebabkan dua sebab mengapa. Pertama, Colossus bukan merupakan komputer serbaguna(general-purpose computer), ia cuma didesain buat memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade sehabis perang berakhir.

Usaha yang dilaksanakan oleh pihak Amerika terhadap saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik buat US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki serta mempunyai rentang kabel selama 500 mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia memakaikan sinyal elektromagnetik buat menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia memerlukan 3-5 detik buat tiap perhitungan) serta tak fleksibel (urutan kalkulasi tak bisa diubah). Kalkulator tersebut bisa melaksanakan perhitungan aritmatik basis serta persamaan yang lebih kompleks.

Perkembangan komputer lain terhadap waktu sekarang ialah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerja setara antara pemerintah Amerika Serikat serta University of Pennsylvania. Terdiri dari 18000. tabung vakum, 70000. resistor, serta 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang amat besar yang mengonsumsi daya sebesar 160 kW.

Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) serta John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih laju dibandingkan Mark I.

Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih digunakan dalam metoda komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) terhadap tahun 1945 dengan sesuatu memori buat menampung baik program maupun data. metoda ini memungkinkan komputer buat berhenti terhadap suatu saat serta setelah itu melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann ialah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan semua guna komputer buat dikoordinasikan melewati satu asal pati tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tersebut . Baik tubuh Sensus Amerika Serikat serta General Electric mempunyai UNIVAC. Salah satu result mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam menerawang kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.
 
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta jikalau instruksi operasi dibuat secara spesifik buat suatu tugas terdefinisi jelas. tiap komputer mempunyai program kode biner yang lain hal yang dikatakan "bahasa mesin" (machine language). Perihal ini mengakibatkan komputer susah buat diprogram serta melimit kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama ialah pemakaian tube vakum (yang bikin komputer terhadap waktu tersebut berukuran amat besar) serta silinder magnetik buat penyimpanan data.


Sejarah Komputer Generasi Kedua

Pada tahun 1948, penemuan transistor amat memengaruhi pernyebaran komputer. Transistor menukar tube vakum di televisi, radio, serta komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.

Transistor mulai dipakai di dalam komputer mulai terhadap tahun 1956. Penemuan lain yang berbentuk pengembangan memori inti-magnetik menolong pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih bisa diandalkan, serta lebih hemat tenaga ketimbang para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini ialah superkomputer. IBM bikin superkomputer bernama Stretch, serta Sprery-Rand bikin komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dimantapkan buat pemeriksaan labor tenaga atom, bisa menyelesaikan sebanyak besar data, sesuatu kemampuan yang amat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut amat mahal serta lebih memilih terlampau kompleks buat keperluan komputasi bisnis, sehingga melimit kepopulerannya. cuma adanya dua LARC yang pernah dipakaikan serta digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, serta yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington DC. Komputer generasi kedua menukar bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly ialah bahasa yang memakaikan singkatan-singakatan buat menukar kode biner.

Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, serta di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya memakaikan transistor. Mereka juga mempunyai komponen-komponen yang bisa diasosiasikan dengan komputer terhadap saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, proses operasi, serta program.

Salah satu misal serius komputer terhadap waktu ini ialah 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. terhadap tahun 1965, hampir semua bisnis-bisnis besar memakaikan komputer generasi kedua buat memprosesinformasi keuangan.

Program yang tersimpan di dalam komputer serta bahasa pemrograman yang adanya di dalamnya membagikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini menaikkan kinerja dengan harga yang pantas bagi pemakaian bisnis. Dengan konsep ini, komputer bisa mencetak faktur pembelian konsumen serta setelah itu menjalankan desain produk atau menjumlah daftar gaji. sebagian bahasa pemrograman mulai bermunculan terhadap saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) serta Formula Translator (FORTRAN) mulai umum dipakai. Bahasa pemrograman ini menukar kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, serta formula matematika yang lebih gampang dipahami oleh manusia. Perihal ini memudahkan seseorang buat memprogram serta memanage komputer. beragam macam karier baru bermunculan (programmer, analis sistem, serta ahli proses komputer). Industr peranti lunak juga mulai bermunculan serta berkembang terhadap waktu komputer generasi kedua ini.



Sejarah Komputer Generasi Ketiga

Walaupun transistor dalam banyak Perihal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang bisa berpotensi menghancurkan bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan problem ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mendevelop sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) terhadap tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sesuatu piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. terhadap ilmuwan setelah itu berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang dikatakan semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi makin kecil pasal komponen-komponen bisa dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya ialah pemakaian proses operasi (operating system) yang memungkinkan mesin buat menjalankan beragam program yang lain hal secara serentak dengan sesuatu program utama yang memonitor serta mengkoordinasi memori komputer.


Sejarah Komputer Generasi Keempat

Setelah IC, sasaran pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit serta komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) bisa memuat ratusan komponen dalam sesuatu chip. terhadap tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sesuatu chip tunggal 

Ultra-Large Scale Integration (ULSI) menaikkan hitungan tersebut menjadi jutaan. Kemampuan buat memakaikan sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam memaksa turunnya harga serta ukuran komputer. Perihal tersebut juga menaikkan daya kerja, efisiensi serta keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat terhadap tahun 1971membawa kemajuan terhadap IC dengan meletakkan semua komponen dari sesuatu komputer (central processing unit, memori, serta kendali input/output) dalam sesuatu chip yang amat kecil. Sebelumnya, IC dibuat buat mengerjakan suatu tugas terdefinisi jelas yang spesifik. Sekarang, sesuatu mikroprosesor bisa diproduksi serta setelah itu diprogram buat memenuhi semua keperluan yang diinginkan. tak lama kemudian, tiap peranti rumah tangga layaknya microwave, oven, televisi, serta mobil dengan electronic fuel injection (EFI) ditambahi dengan mikroprosesor 
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa buat memakaikan komputer biasa. Komputer tak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. terhadap pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer memberi pilihan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang dikatakan minikomputer, dijual dengan kiriman peranti lunak yang gampang dipakai oleh kalangan awam. Peranti lunak yang paling terkenal terhadap saat itu ialah program word processing serta spreadsheet. terhadap awal 1980-an, video game layaknya Atari 2600 menarik pandangan konsumen terhadap komputer rumahan yang lebih canggih serta bisa diprogram 

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan pemakaian Personal Computer (PC) buat pemakaian di rumah, kantor, serta sekolah. hitungan PC yang dipakai melonjak dari 2 juta unit terhadap tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit terhadap tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC dipakai. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang Berposisi di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang bisa dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang bisa digenggam (palmtop) 

IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi populer pasal memopulerkan proses grafis terhadap komputernya, sedangkan saingannya masih memakaikan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga memopulerkan pemakaian peranti mouse 

Pada waktu sekarang, kita mengenal trip IBM compatible dengan penggunaan CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini seluruh masuk dalam golongan komputer generasi keempat 

Seiring dengan menjamurnya pemakaian komputer di tempat kerja, cara-cara baru buat menggali potensial terus dimantapkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut bisa dikaitkan secara berserentakan dalam suatu jaringan buat saling berbagi memori, peranti lunak, informasi, serta juga buat bisa saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer memungkinkan komputer tunggal buat membentuk kerja setara elektronik buat menangani suatu sistem tugas. Dengan memakaikan perkabelan langsung (disebut juga Local daerah Network atau LAN), 
atau [kabel telepon, jaringan ini bisa berkembang menjadi amat besar 


Sejarah Komputer Generasi Kelima

Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup susah pasal level ini masih amat muda. misal imajinatif komputer generasi kelima ialah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke bertajuk 2001: Space Odyssey. Perihal menampilkan semua guna yang diinginkan dari sesuatu komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), Perihal bisa cukup mempunyai nalar buat melaksanakan percapakan dengan manusia, memakaikan masukan visual, serta belajar dari pengalamannya sendiri 

Walaupun bisa jadi realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya telah terwujud. sebagian komputer bisa mendapat instruksi secara lisan serta dapat meniru nalar manusia. Kemampuan buat menterjemahkan bahasa asing juga menjadi bisa jadi. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer merasai jikalau pengertian manusia amat tergantung terhadap konteks serta pengertian dibanding sekadar menterjemahkan kata-kata secara langsung 

Banyak kemajuan di bidang desain komputer serta teknologi yang makin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama ialah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menukar model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan proses yang dapat mengkoordinasikan banyak CPU buat bekerja secara serempak. Kemajuan lain ialah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik dengan tidak adanya hambatan apapun, yang nantinya bisa mempercepat kelajuan informasi 

Jepang ialah negara yang populer dalam sosialisasi jargon serta proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk buat merealisasikannya. Banyak kabar yang menyiratkan jikalau proyek ini sudah gagal, namun sebagian informasi lain jikalau keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa pergantian baru paradigma komputerisasi di dunia.

Itulah merupakan materi dan artikel sejarah komputer secara lengkap. Semoga dengan adanya tugas makalah sejarah komputer kamu bisa lebih mengetahui mengenai komputer.

Mungkin kamu juga mencari : sejarah komputer singkat, sejarah komputer lengkap, sejarah komputer,pengertian komputer dan tugas komputer atau fungsi komputer

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Komputer (Lengkap)"

Post a Comment