Sejarah Kerajaan Kutai (Lengkap)

Sejarah Kerajaan Kutai Sejarah Kerajaan Kutai , Inilah sejarah kerajaan kutai dimulai dari berdirinya serta pendiri kerajaan kutai sampai runtuhnya kerajaan kutai. setelah itu kita juga akan membahas sebagian peninggalan kerajaan kutai berbentuk prasasti serta sililah dan letak kerajaan kutai. Materi sejarah ini ialah materi yang dibuat buat anda yang masih duduk dibangku SMP serta SMA pasal penjelasannya amat gampang buat ditangkap oleh anda yang masih duduk dibangku smp sma.













sejarah kerajaan kutai
via.google.com


SEJARAH KERAJAAN KUTAI

Letak kerajaan kutai berlokasi di area kutai, kalimantan Timur. Adapun keterangan mengenai keberadaan dari kerajaan ini sudah dikenal atas ditemukannya tujuh buah prasasti yang berbahasa sansekerta serta huruf pallawa yang berasal dari India. buat pemakaian bahasanya terhadap saat itu masyarakat kutai masih belum memiliki bahasa yang baku serta huruf tersendiri. Para ahli sejarah, meramalkan jikalau prasasti atau yupa itu mulai ditulis terhadap sekitaran tahun 400 M. buat perkiraan tersebut didapatkan mengacu terhadap perbandingan dengan huruf yang setara serta mempunyai umur yang sudah diciptakan didaerah India.

Informasi yang adanya didapati dari Yupa / prasasti dalam upacara pengorbanan yang berasal dari abad ke-4. adanya tujuh buah yupa yang menjadi asal pati utama bagi para ahli dalam menginterpretasikan sejarah Kerajaan Kutai. Yupa ialah tugu batu yang berfungsi sebagai tugu peringatan yang dibuat oleh para brahman atas kedermawanan raja Mulawarman. Dalam agama hindu sapi tak disembelih layaknya kurban yang dilaksanakan umat islam. Dari salah satu yupa tersebut dikenal jikalau raja yang memerintah kerajaan Kutai saat itu ialah Mulawarman. Namanya dicatat dalam yupa pasal kedermawanannya menyedekahkan 20000. ekor sapi kepada kaum brahmana.


SEJARAH KERAJAAN KUTAI (Berdirinya Kerajaan Kutai)

Sejarah kerajaan kutai Jadi, Letak Kerajaan Kutai Berposisi di hulu sungai Mahakam, Kalimantan Timur yang merupakan Kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Ditemukannya tujuh buah batu tulis yang dikatakan Yupa yang mana ditulis dengan huruf Pallawa serta berbahasa Sanskerta tersebut diramalkan berasal dari tahun 400 M (abad ke-5). Prasasti Yupa tersebut merupakan prasasti tertua yang menyiratkan sudah beridirinya suatu Kerajaan Hindu tertua yaitu Kerajaan Kutai.

Tidak banyak informasi tentang Kerajaan Kutai. cuma 7 buah prasasti Yupa terseubt lah sumbernya. pemakaian nama Kerajaan Kutai sendiri ditentukan oleh para ahli sejarah dengan mengambil nama dari tempat ditemukannya prasasti Yupa tersebut.

Yupa ialah tugu batu yang berfungsi sebagai tugu peringatan yang dibuat oleh para Brahmana atas kedermawanan Raja Mulawarman. Dituliskan jikalau Raja Mulawarman, Raja yang baik serta kuat yang merupakan anak dari Aswawarman serta merupakan cucu dari Raja Kudungga, sudah membagikan 20000. ekor sapi kepada para Brahmana.

Dari prasati tersebut didapat bawah Kerajaan Kutai pertama kali didirikan oleh Kudungga setelah itu dilanjutkan oleh anaknya Aswawarman serta mencapai puncak kejayaan terhadap waktu Mulawarman (Anak Aswawarman). rujukan oleh para ahli sejarah nama Kudungga merupakan nama asli pribumi yang belum tepengaruh oleh kebudayaan Hindu. Namun anaknya, Aswawarman diduga sudah memeluk agama Hindu atas basis kata 'warman'. terhadap namnya yang merupakan kata yang berasal dari bahasa Sanskerta.




SEJARAH KERAJAAN KUTAI (Kejayaan Kerajaan Kutai)

Tidak banyak informasi tentang Kerajaan Kutai yang temukan. tapi rujukan oleh prasasti Yupa, puncak kejayaan Kerajan Kutai Berposisi terhadap waktu kepemerintahan Raja Mulawarman. terhadap waktu pemerintahan Mulawarman, kekuasaan Kerajaan Kutai hampir meliputi semua wilayah Kalimantan Timur. Rakyat Kerajaan Kutai pun hidup sejahtera serta makmur.

SEJARAH KERAJAAN KUTAI (Keruntuhan Kerajaan Kutai)

Kerajaan Kutai berakhir saat Raja Kutai yang bernama Maharaja Dharma Setia tewas dalam peperangan menghadapi Aji Pangeran Sinum Panji yang merupakan Raja dari Kerajaan Kutai Kartanegara. Kerajaan Kutai serta Kerajaan Kutai Kartanegara merupakan dua buah kerajaan yang lain hal. Kerajaan Kutai Kartanegara berdiri terhadap abad ke-13 di Kutai Lama. Terdapatnya dua kerajaan yang Berposisi di sungai Mahakam tersebut memicu friksi diantara keduanya. terhadap abad ke-16 berlangsung peperangan diantara kedua Kerajaan tersebut.











SEJARAH KERAJAAN KUTAI (Raja-raja Kerajaan Kutai)


Berikut di bawah ini merupakan daftar raja-raja yang pernah memimpin Kerjaan Kutai, salah satu ialah sebagai berikut:

Maharaja Kudungga, gelar anumerta Dewawarman (pendiri)
Maharaja Aswawarman (anak Kundungga)
Maharaja Mulawarman (anak Aswawarman)
Maharaja Marawijaya Warman
Maharaja Gajayana Warman
Maharaja Tungga Warman
Maharaja Jayanaga Warman
Maharaja Nalasinga Warman
Maharaja Nala Parana Tungga
Maharaja Gadingga Warman Dewa
Maharaja Indra Warman Dewa
Maharaja Sangga Warman Dewa
Maharaja Candrawarman
Maharaja Sri kuno Dewa
Maharaja fungsi Parana Dewa
Maharaja Wijaya Warman
Maharaja Sri Aji Dewa
Maharaja Mulia Putera
Maharaja Nala Pandita
Maharaja Indra Paruta Dewa
Maharaja Dharma Setia

SEJARAH KERAJAAN KUTAI  (Kerajaan Kutai)

Sejarah kerajaan kutai  menatap jikalau letak Kerajaan Kutai terhadap jalur perdagangan serta pelayaran antara Barat serta Timur, tersebutkan kegiatan perdagangan menjadi mata pencaharian yang utama. Rakyat Kutai telah aktif terlibat dalam perdagangan internasional, serta jelas saja saja mereka berdagang pula sampai ke perairan Laut Jawa serta Indonesia Timur buat menelusuri barang-barang dagangan yang laku di pasaran Internasional.


Dalam Perihal kebudayaan sendiri diciptakan dalam salah satu prasasti Yupa mengatakan suatu tempat suci dengan nama "Wapakeswara" (tempat pemujaan Dewa Siwa). Dengan demikian bisa disimpulkan jikalau masyarakat Kutai memeluk agama Siwa

Yang kamu cari : 


  • sumber sejarah kerajaan kutai
  • sejarah kerajaan kutai lengkap
  • peninggalan sejarah kerajaan kutai
  • sejarah berdirinya kerajaan kutai
  • sejarah kerajaan kutai kartanegara
  • sejarah tentang kerajaan kutai
  • makalah sejarah kerajaan kutai
  • sejarah singkat kerajaan kutai kartanegara

Itulah artikel mengenai sejarah kerajaan kutai semoga bermanfaat dan berjaya!

Sumber : http://www.zonasiswa.com/2014/05/sejarah-kerajaan-kutai.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Kerajaan Kutai (Lengkap)"

Post a Comment