Pengertian Analisis Dijamin Paling Lengkap

Pengertian Analisis - Halo! Apa itu analisis ? Pertanyaan mendasar yang biasanya kamu cepat ajukan kepada guru mu, suhu mu, atau apalah itu. Benar begitu bukan ? Iya semoga kamu dapat memahami dan mengerti arti analisa berikut ini ya.

Analisis berasal dari kata Yunani kuno “analusis” yang berarti melepaskan. Analusis terbentuk dari dua suku kata yaitu “ana” yang berarti kembali dan “luein” yang berarti melepas. 

Sehingga pengertian analisis yaitu suatu usaha dalam mengamati secara detail pada suatu Hal atau benda dengan cara menguraikan komponen-komponen pembentuknya atau menyusun komponen tersebut untuk dikaji lebih lanjut. Kata analisa atau analisis banyak digunakan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, baik ilmu bahasa, alam dan ilmu sosial. Didalam semua kehidupan ini sesungguhnya semua bisa dianalisa, hanya saja cara dan metode analisanya berbeda-beda pada tiap daerah kehidupan. untuk mengkaji suatu permasalahan, dikenal dengan suatu metode yang disebut dengan metode ilmiah.


pengertian analisis
PENGERTIAN ANALISIS

PENGERTIAN ANALISIS LENGKAP


Dalam linguistik, analisis atau analisis adalah kajian yang dilaksanakan terhadap sebuah bahasa guna meneliti struktur bahasa tersebut secara mendalam. sedangkan pada kegiatan laboratorium, kata analisis atau analisis dapat juga berarti kegiatan yang dilakukan di pengobservasian labor untuk memeriksa kandungan suatu zat dalam cuplikan. 

Namun, dalam perkembangannya, penggunaan kata analisis atau analisis mendapati sorotan dari kalangan akademisis, terutama kalangan ahli bahasa. penggunaan yang seharusnya adalah kata analisa. Hal ini dikarenakan kata analisis merupakan kata serapan dari bahasa asing (inggris) yaitu analisys. Dari akhiran -isys bila diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi -isis. Jadi sudah seharusnya bagi kita untuk meluruskan penggunaan setiap bahasa agar tercipta praktik kebahasaan yang baik dan benar demi tatanan bangsa Indonesia yang semakin baik.


Pengertian Analisis Menurut Para Ahli



Dari beberapa pengertian analisa diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa analisa merupakan sekumpulan kegiatan, aktivitas dan proses yang saling berkaitan untuk memecahkan masalah atau memecahkan komponen menjadi lebih detail dan digabungkan kembali lalu ditarik kesimpulan. Bentuk dari kegiatan analisa salah satunya yaitu merangkum data mentah menjadi sebuah informasi yang bisa disampaikan ke khalayak. 

Segala macam bentuk analisis menggambarkan pola-pola yang konsisten di dalam data, sehingga hasil analisa dapat dipelajari dan diterjemahkan dengan singkat dan penuh makna. Analisa juga dapat diartikan sebagai sebuah penyelidikan terhadap suatu peristiwa dengan tujuan mengetahui keadaan yang sebenarnya terjadi.

Belajar dari Para ahli yang telah mendefinisikan pengertian analisa maka sebuah analisis data, proses dan hasil dari analisa biasanya dilakukan meliputi kegiatan seperti mengorganisasikan data, mengelompokkan data, mengklasifikasi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan dari keseluruhan data tersebut. 

Mengorganisasikan data yaitu berarti mengatur data-data yang telah diperoleh peneliti selama kegiatan penelitian sedang berlangsung, sedangkan pengelompokan data yaitu mengelompokkan data mana yang hendak dipakai dan data mana yang tidak dipakai. Mengklasifikasi data juga mengelas-ngelaskan data sesuai kebutuhan. Memaparkan data yaitu menyampaikan hasil proses analisis data dan menarik kesimpulan atas informasi  dari data yang telah disampaikan.


Kesimpulan Pengertian Analisis Secara Singkat

Jadi, dari pengertian analisis diatas, dapat disimpulkan bahwa analisis adalah sekumpulan aktivitas dan proses. Salah satu bentuk analisis adalah merangkum sejumlah besar data yang masih mentah menjadi informasi yang dapat diinterpretasikan. semua bentuk analisis berusaha menggambarkan pola-pola secara konsisten dalam data sehingga hasilnya dapat dipelajari dan diterjemahkan dengan cara yang singkat dan penuh arti.


Semoga dengan artikel mengenai pengertian analisis ini membuat kamu jadi lebih paham akan arti dari kata analisis sesungguhnya ya. Apabila dalam artikel pengertian analisis ini ada kesalahan dalam tutur kata atau penyampaiannya, kami mohon maaf.

Guna menghargai apa yang telah kami tulis mohon cantumkan sumber terkait dan sumber dari web kami. Terimakasih telah berkunjung untuk memenuhi tugas kalian mengenai pengertian analisis.

Yang kamu cari :


  • pengertian analisis mengenai dampak lingkungan
  • pengertian analisis menurut para ahli
  • pengertian analisis jabatan
  • pengertian analisis laporan keuangan
  • pengertian analisis deskriptif
  • pengertian analisis sistem


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Analisis
https://pengertiandefinisi.com/pengertian-analisa-menurut-ahli/
http://www.pengertianahli.com/2014/08/pengertian-analisis-apa-itu-analisis.html

Mungkin juga kamu mencari : pengertian analisis menurut para ahli, pengertian analisis isi, pengertian analisis implementasi 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Analisis Dijamin Paling Lengkap"

Post a Comment