Pengertian Dasar Negara Terlengkap

Pengertian Dasar Negara - Selamat siang, kali ini saya admin akan membahas mengenai pengertian dasar negara. Taukah kamu apa itu dasar negara? Dimana materi ini ada dan terdapat dalam sebuah mata pelajaran PPKN. Bener kan? Iya dong, gini-gini admin juga sekolah lho. Oke mari kita bahas serta ulas mengenai dasar negara secara lengkap.

Pengertian dasar Negara adalah sikap hidup, pandangan hidup, atau sesuatu yang tidak dapat dibuktikan kebenaran dan kesalahannya. pada hakikatnya, dasar negara merupakan filsafat negara (political philosophy) yang berkedudukan sebagai asal pati dari segala asal pati hukum atau asal pati tata tertip hukum dalam negara. agar lebih memahami pengertian filsafat negara.


Baca Juga : Pengertian Filsafat Paling Lengkap


Pertama-tama mari kita membahas pengertian filsafat. Secara etimologis, filsafat berasal dari kata philos yang berarti sahabat, cinta, dan sophia yang berarti kebijaksanaan, kebenaran, belajar. rujukan oleh Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian filsafat adalah pengetahuan dan penyelidikan, dengan akal budi mengenai hakikat segala yang ada, sebab, asal, dan hukumannya basis negara ialah berasal dari 2 suku kata yaitu dasar berarti landasan atau Hal yang utama dan yang pertama dan negara berarti organisasi kekuasaan yang terdiri atas wilayah, rakyat dan pemerintahan berdaulat. Di Indonesia, Pancasila sebagai dasar negara yang tercantum dalam pembukaan Undang-undang dasar (UUD) 1945.


pengertian dasar negara
PENGERTIAN DASAR NEGARA


Pengertian Dasar Negara Itu Apa ?


Dasar Negara merupakan landasan kehidupan suatu negara karna setiap negara pasti memiliki landasan negara dalam melaksanakan dan menjalankan kehidupan suatu negara dimana dasar negara berperan dalam mengatus penyelenggaraan suatu negara. 

Negara yang tidak memiliki dasar negara adalah suatu negara yang dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara tidak memiliki pedoman yang berarti bahwa negara tersebut tidak memiliki arah dan tujuan yang jelas, mau dibawah kemana negara ini karna dasar negara mencakup tujuan negara, cita-cita negara, dan norma negara. 

Negara indonesia sendiri memiliki dasar negara yaitu pancasila. Pancasila sebagai dasar negara adalah ideologi negara indonesia yang menjadi pandangan dan metode seluruh bangsa indonesia dalam mencapai cita-cita. Cita-cita negara indonesia adalah masyarakat yang adil dan makmur.

Pengertian dasar negara merupakan landasan kehidupan dalam bernegara dimana setiap negara mesti memiliki landasan untuk menjalankan kehidupan bernegaranya. dasar negara untuk suatu negara adalah suatu dasar untuk dapat megatur penyelenggara negara.


Dalam suatu negara, dasar negara memiliki peran penting karena negara yang tidak memiliki dasar negara maka negara tersebut tidak memiliki sebuah pedoman dalam menjalankan kehidupan bernegara sehingga berakibat ketidakjelasan arah dan tujuan yang dimiliki oleh negara tersebut dan akan menimbulkan kekacauan dengan gampang. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan dasar negara agar dapat menjadi sebuah pedoman hidup dalam menjalankan negara yang meliputi seperti apa cita-cita negara, untuk apa negara ini dan norma-norma dalam bernegara.


Fungsi Dasar Negara


Fungsi dasar Negara - pada umumnya, dasar negara dipergunakan oleh bangsa atau negara pendukungnya dan memiliki fungsi sebagai berikut :

Dasar berdiri dan tegaknya negara : Pemikiran yang mendalam tentang dasar negara lazim muncul ketika suatu bangsa hendak mendirikan sebuah negara. Sehingga, dasar negara berfungsi sebagai dasar berdirinya suatu negara. Sesudah negara berdiri, dasar negara dapat menjadi landasan bagi pengelolaan negara yang berhubungan.

Dasar kegiatan penyelenggaraan negara : Negara didirikan untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional suatu bangsa di bawah pimpinan para penyelenggara negara. agar para penyelenggara negara benar-benar dapat mewujudkan tujuan nasional, mereka sesegera bisa jadi mendasarkan semua kegiatan pemerintahan pada dasar negara.

Dasar partisipasi warga negara : semua warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sebanding untuk mempertahankan negara dan partisipasi dalam upaya bersama mencapai tujuan bangsa. Dalam memasang hak dan menunaikan kewajibannya itu, seluruh warga negara sesegera bisa jadi berpedoman kepada dasar negara.

Dasar Pergaulan antara warga negara : dasar negara tidak hanya menjadi dasar perhubungan antar warga negara dan negara, melainkan dengan juga dasar bagi hubungan antarwarga negara. 

Dasar dan asal pati hukum nasional : seluruh aktivitas penyelenggaraan negara dan warga negara dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara sesegera bisa jadi didasarkan pada hukum yang berlaku. Dengan demikian, semua peraturan perundang-undangan yang dibentuk untuk penyelenggaraan negara sesegera bisa jadi didasarkan pada dasar negara.


Pengertian Dasar Negara Menurut Para Ahli

Pengertian Dasar Negara Menurut Karl Marx

Mendefinisikan bahwasanya Pengertian Dasar Negara itu merupakan suatu peringkat yang mempunyai kekuasaan dalam menjalankan eksploitasi atau penindasan kepada kelas-kelas yang lain.

Pengertian Dasar Negara Menurut George Jellinek

Menjelaskan itu bahwa Pengertian Dasar Negara merupakan sebuah organisasi dengan kekuasan suatu kelompok orang-orang yang bertempat di suatu wilayah tertentu.

Pengertian Dasar Negara Menurut J. J. Rousseau

Mengungkapkan bahwa Pengertian Dasar Negara merupakan suatu alat yang mempunyai fungsi dalam menjaga kemerdekaan setiap individu & ketertiban hidup rakyat negaranya.

Pengertian Dasar Negara Menurut Robert M. Mac. Iver 

Menjelaskan bahwa dasar negara merupakan bentuk asosiasi yang mempunyai peran dalam melindungi atau menjaga ketertiban bermasyarakat sesuai dengan sistem hukum yang berlaku & dijalankan pemerintah yang berkuasa memberi tekanan maupun memaksa.


Pengertian Dasar Negara Menurut K. C. Wheare

Menjelaskan bahwa dasar negara juga termasuk semua sistem tatanegara yang mengandung beberapa aturan dalam menjalankan pemerintahan suatu negara.

Pengertian Dasar Negara Menurut Tracy

Berpendapat bahwa pengertian dasar negara merupakan sebuah program yang ditujukan supaya dapat memberikan perubahan didalam tatanan kehidupan bermasyarakat sebuah negara.


Pengertian Dasar Negara Menurut Aristoteles

Menjelaskan bahwasanya negara merupakan perpaduan  antara keluarga dengan beberapa desa, yang nanti pada akhirnya mereka dapat berdiri mandiri dengan tujuan yang sama yaitu kesenangan dan kehormatan mereka.


Pengertian Dasar Negara Menurut Roger F. Soltau

Menjelaskan bahwasanya negara itu merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengendalikan segala persoalan yang ada dengan mengatas namakan rakyat.


Pengertian Dasar Negara Menurut R.Djokosoetono

Mendefinisikan bahwa Negara itu ya merupakan suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang keberadaannya di bawah suatu pemerintahan yang sama.


Pengertian Dasar Negara Menurut Frans Magnis Suseno

Menjelaskan bahawa Negara itu merupakan suatu kesatuan masyarakan politik yang dapat berfungsi membuat, menerapkan, & menjamin berlakunya norma-norma kelakuan untuk seluruh kalangan masyarakat.

Pengertian Dasar Negara Menurut Logemann

Menjelaskan dengan jelas bahwa Negara adalah suatu organisasi kekuasaan yang mana menyatukan kelompok manusia yg kemudian disebut sebagai bangsa.


Pengertian Dasar Negara Menurut Prof. Mr. Soenarko

Menjelaskan dengan jelas bahwasanya negara merupakan suatu organisasi manyarakat yang memiliki daerah tertentu, dimana sebuah kekuasaan negara berlaku dengan sepenuhnya sebagai sebuah atau suatu  kedaulatan.


Manfaat Dasar Negara Bagi Suatu Bangsa

Setiap negara jelas jelas sistem pemerintahannya lain Perihal karena tergantung dari pemerintahnya itu sendiri. dan di setiap negara juga memiliki dasar negara yang berbeda, dasar negara sendiri merupakan suatu fandemen yang jelas jelas kuat dan juga kokoh yang mana dijadikan sebagai pandangan serta pedoman hidup oleh setiap masyarakatnya.

Dasar negara Salah satu contohnya sendiri di Indonesia memiliki dasar negara yaitu Pancasila. Pancasila sendiri juga menjadi suatu dasar negara yang mengajarkan nilai – nilai hidup serta menjadi pedoman hidup. selain itu dasar negara sendiri juga memiliki banyak sekali manfaatnya, oleh pasal itu pada kali ini yang akan dibahas adalah mengenai apa saja manfaat dasar negara, dengan demikian nantinya akan bisa menjadi informasi yang dapat menambah pengetahuan.

Di sekolah sendiri jelas saja saja sudah diajarkan mengenai dasar negara, mulai dari pengertian sampai dengan manfaatnya, dari SD sampai dengan perguruan tinggi jelas saja saja pembelajaran mengenai dasar negara selalu diberikan. Namun untuk menambah pengetahuan, maka berikut ini adalah beberapa manfaat dasar negara secara umum:

  1. Manfaat dari dasar negara yang pertama adalah sebagai pedoman hidup dan juga pandangan dari semua masyarakat yang tinggal di dalam suatu negara. karena dengan mengacu kepada dasar negara jelas saja saja nantinya akan dapat hidup dengan baik dan juga dapat mengerti norma – norma dalam suatu negara yang ditinggali 
  2. Kemudian yang kedua adalah dengan adanya dasar negara jelas saja saja nantinya semua masyarakat yang tinggal akan memiliki tujuan yang lebih jelas di dalam bernegara lantas yang ketiga adalah sebagai landasan dari idil suatu negara dalam artian menjadi acuan untuk masyarakat agar bisa menganut dan juga mengerti mengenai negara yang menjadi tempat tinggalnya tersebut 
  3. Selain itu juga menjadi sebuah kepribadian dan juga jiwa dari bangsa negara tersebut, dengan adanya dasar negara jelas saja saja nantinya suatu negara akan memiliki jiwa dan juga kepribadian 
  4. Kemudian dasar negara juga memberikan tujuan dan juga arah agar cita – cita bangsa dapat tercapai dengan baik dan maksimal serta menjadi salah satu alat yang menyatukan bangsa itu sendiri 
Selain itu pada dasarnya masih banyak lagi manfaat dasar negara yang lainnya, namun beberapa manfaat dari dasar negara tersebut sudah menjadi beberapa poin yang penting untuk dikenal. beberapa manfaat dari dasar negara seperti yang sudah dijelaskan tersebut juga merupakan manfaat secara umum sehingga sudah banyak orang tahu, meskipun demikian, dasar negara sendiri sesegera bisa jadi selalu diingatkan agar nantinya setiap masyarakat tidak akan lupa dengan dasar negara dari negara yang ditinggali.


Nah itulah merupakan pengertian dasar negara yang dapat saya sampaikan semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih :)

Sumber :
http://www.artikelsiana.com/2015/02/pengertian-dasar-negara-fungsi-dasar-negara.html
https://www.ngelmu.co/pengertian-dasar-negara/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Dasar Negara Terlengkap"

Post a Comment