Faktor yang menyebabkan penghasilan adsense menurun dan tips untuk menanganinya

"Penghasilan adsense menurun?"

"Apa penyebabnya?"

"Bagaimana mengatasi hal tersebut?"

Mungkin sobat bingung mengapa masalah tersebut sering terjadi. Iya karena penghasilan adsense itu sangat berarti bagi para publiser seperti blog dan youtube, sekali penghasilan kita menurun saat itu pula kita merasa kecewa atau seperti rasa sedih campur jengkel, ya sobat pasti pernah merasakanya seperti apalah rasanya itu, saya juga pernah merasakanya.

Tetapi hal seperti itu wajar-wajar saja karena penghasilan kita itu tidak akan selamanya naik terus tapi ada juga dikala penghasilan kita menurun atau kata pepatah bilang "hidup seperti roda yang berputar kadang diatas kadang dibawah" tidak jauh berbeda dengan penghasilan adsense kita.

Akan tetapi jika penghasilan kita terus menurun pasti itu ada sebabnya, menurut hasil analisa dan pengalaman saya ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Oleh karena itu saya membuat postingan ini untuk berbagi faktor apa saja kah yang membuat penghasilan kita menurun dan tips untuk menanganinya. Oke kita langsung saja ke pembahasan cekidot!.

1.Blog kita belum terindex sepenuhnya oleh google

Faktor pertama ini biasanya disebab kan oleh blogger pemula yang tidak meng index kan blog nya ke webmaster tools. Atau jika sobat sudah mengindexan blog sobat ke webmaster tools tapi belum sepenuhnya terindex artikelnya? Sobat bisa mengindex kan setiap artikel secara manual melalui link disini.

Baca juga: cara mensubmit postingan blog ke webmastertools

2. Artikel kita kurang menarik

Sering sekali kita membuat artikel yang kurang dicari orang, memang sih ngeblog itu terserah kita suka-suka kita mau posting apa asalkan kita senang melakukan itu semua. Seperti itu memang bagus menjadikan kita tidak bosan untuk ngeblog.

Tapi buatlah artikel yang pasti banyak di cari orang dan juga pastikan postingan kita bisa bersaing dengan postingan orang lain agar bisa menduduki page one di pencarian google. Jadi buatlah artikel yang sekiranya pasti banyak yang mencari dan buatlah isi artikelnya yang bagus dan mudah di pahami.

3.Template blog/ tema blog

Untuk yang ketiga ini perlu di perhatian penggunaan template yang baik, maksudnya yang baik disini adalah template yang fast loading, responsif, ctr tinggi, dan seo fiendly. Dan juga tampilan yang bagus

Mengapa saya menyaran kan template yang seperti itu? Karena template yang bagus itu mebuat si pengujung tidak bosan dalam membaca artikel kita dan tidak kesal karena tamplate kita fast loding tidak usah menunggu lama saat membuka artikel. Dan ctr tinggi membuat pengunjung bisa kemungkinan besar mengklik iklan kita, dan juga seo friendly membuat google suka dengan blog kita agar bisa menduduki page one google.

4. Penempatan iklan

Biasanya kita menempatan iklan dimana saja sering saya melihat ada yang menempatkan iklan dekat dengan gambar, seperti itu tidak baik karena melanggar aturan google adsense. Pernah saya melihat di grup blogger ada yang mendapat pesan teguran dari GA karena menampilkan iklannya dekat sekali dengan gambar. Usahakan sobat jangan menempelkan iklan dekat dengan gambar takutnya ke banned akun GA kita.

Lebih baik sobat menempelkan iklan adsense di header, di awal postingan, di akhir postingan, dan di footer, dan juga di sidebar blog.

5. Kurangnya promosi artikel ke medsos

Jika sobat aktif di medsos ini bisa sobat manfaatkan untuk media promosi blog sobat. setidaknya kalau kita sudah mempromosikan, yang belum tau blog sobat mereka bisa tau dan terutama jika ada yang sesuai dengan yang mereka cari mereka bisa mengunjumgi blog sobat.

Jadi coba sobat promosikan blog sobat ke medsos seperti facebook, instagram, whatsApp, google plus dan lain-lain. Dan jangan lupa promosikan pada tempat yang tepat maksudnya jika blog atau artikel sobat membahas tentang teknologi promosikan pada grup yang membahas teknologi agar tidak di anggap spam oleh admin dan malah di kick dari grup.

6. Iklan tidak tayang

Sekarang ini sering terjadi tidak munculnya iklan terutama pada blog, kalau pada youtube memang dari dulu juga sering tayang dan tidak karena aturan youtube sudah jelas bahwa akan tayang pada video yanh sudah mencapai 10.000 viewers atau sering bermasalah gambar dolarnya berwarna kuning.

Akan tetapi pada blog belum tau kebijakannya harus seperti apa saya juga heran karena di artikel saya yang satu iklan tayang dan artikel yang satunya tidak tayang. Mungkin ada kebijakan baru dari adsense postingan harus menunggu sampai 10 hari atau harus memenuhi viewers yang di tentukan, saya juga belum tau yang pastinya apa.

Jadi untuk yang ini jangan terlalu di ambil pusing dan tetap buat artikel yang bagus.

7. Pengguna internet menggunakan Adblok

Adblok adalah pembelokiran iklan pada suatu blog. Memang penggunaan adblok ini bermanfaat bagi si pengguna namun bencana bagi si publiser blog. Karena kalo iklan tidak tayang penghasilan tidak akan ada.

Jadi untung menghindari pengguna adblok sobat bisa gunakan scrip anti adblok.

Mungkin sekian mengenai beberapa faktor yang mempengaruhi penghasilan adsense kita menurun dan cara menanganinya. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penyampaiannya. Bila ada yang ditanyakan silahkan komentar dibawah sini jika artikel ini bermanfaat buat sobat silahkan like dan share. Selamat mencoba dan terimakasih:)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Faktor yang menyebabkan penghasilan adsense menurun dan tips untuk menanganinya"

Post a Comment