Pengertian Ideologi : Ideologi Pancasila dan Ideologi Lainnya Lengkap

Pengertian Ideologi - Halo guys.. kali ini admin akan membuat sebuah artikel. Di pagi hari ini admin akan membuat suatu artikel mengenai ideologi. Sebelum membahas lebih jauh mengenai ideologi perkenankan saya untuk mengajukan beberapa pertanyaan mengenai ideologi.

Nah, sudahkah kamu tau apa itu ideologi? Gampang nya sudahkah kamu tau mengenai pengertian ideologi? Jika belum, memanglah disini tempat yang tepat untuk kamu, dimana saya akan membagikan mengenai pengertian ideologi secara lengkap dan rinci.

Apa sih itu Pengertian Ideologi yang sebenarnya ? Ada banyak definisi para ahli tentang pengertian ideologi, dimana dari pendapat-pendapat para ahli tersebut dapat disimpulkan mengenai pengertian ideologi sebenarnya. Lalu apasih itu Pengertian ideologi ?

Secara umum, Pengertian Ideologi adalah suatu kumpulan gagasan, ide-ide dasar, keyakinan serta kepercayaan yang bersifat sistematis dengan arah dan tujuan yang hendak dicapai dalam kehidupan nasional suatu bangsa dan negara.

Istilah ideologi berasal dari kata 'idea'. (inggris) yang berarti gagasan, konsep, pengertian dasar, cita-cita; dan kata 'logi'. yang dalam bahasa Yunani logos artinya ilmu atau pengetahuan. Secara Harfiah, Pengertian Ideologi adalah pengetahuan tentang gagasan-gagasan, pengetahuan tentang ide-ide, science of ideas atau ajaran tentang pengertian-pengertian dasar.

Dalam pengertian sehari-hari "idea" yang berarti 'cita-cita'. Cita-cita yang dimaksud adalah cita-cita yang bersifat tetap yang sesegera bisa jadi dicapai sehingga cita-cita yang bersifat tetap itu serta merupakan juga merupakan dasar, pandangan atau paham. 

Ideologi mencakup pengertian tentang ide-ide, pengertian dasar, gagasan dan cita-cita. Ideologi dapat dianggap sebagai visi yang luas, sebagai cara memandang segala sesuatu. Ideologi adalah sistem pemikiran abstrak (tidak hanya sekadar pembentukan ide) yang diterapkan pada masalah publik sehingga pembuat konsep ini menjadi intisari politik.


pengertian ideologi


Pengertian Ideologi Secara Lengkap

Pengertian Ideologi Ideologi merupakan suatu ide atau gagasan. Kata ideologi sendiri diciptakan oleh Antoine Destutt de Tracy pada akhir abad ke-18 untuk mendefinisikan "sains tentang ide". 

Ideologi dapat dianggap sebagai visi yang komprehensif, sebagai cara memandang segala sesuatu (bandingkan Weltanschauung), secara umum (lihat Ideologi dalam kehidupan sehari hari) dan beberapa arah filosofis (lihat Ideologi politis), atau sekelompok ide yang diajukan oleh kelas yang dominan pada seluruh anggota masyarakat. tujuan utama di balik ideologi adalah untuk berikan choices perubahan melalui proses pemikiran normatif. 

Ideologi adalah sistem pemikiran abstrak (tidak hanya sekadar pembentukan ide) yang diterapkan pada masalah publik sehingga membuat konsep ini menjadi inti politik. Secara implisit setiap pemikiran politik mengikuti sebuah ideologi walaupun tidak diletakkan sebagai sistem berpikir yang eksplisit. (definisi ideologi Marxisme).

Pengertian Ideologi. Ideologi berasal dari kata Yunani idein yang berarti melihat, atau idea yang berarti raut muka, perawakan, gagasan, buah pikiran. logika yang berarti ajaran. Atau Logos yang berarti ilmu.

Pengertian Ideologi secara umum adalah suatu kumpulan gagasan, ide, keyakinan serta kepercayaan yang bersifat sistematis yang mengarahkan tingkah laku seseorang dalam berbagai bidang kehidupan, seperti :
  • Bidang politik, salah satu bidang hukum, pertahanan dan keamanan Bidang sosial
  • Bidang kebudayaan
  • Bidang keagamaan. 
Istilah ideologi pertama kali digunakan oleh seorang filsuf Perancis, Destutt de Tracy, pada tahun 1796. Destutt de Tracy memasang kata ideologi untuk menunjuk pada suatu bidang ilmu yang otonom, ialah analisis ilmiah dari berpikir manusia, otonom dalam arti lepas dari metafisika tetapi juga untuk mendefinisikan "sains tentang ide". 

Ideologi dapat dianggap sebagai visi yang komprehensif, sebagai cara memandang segala sesuatu, sebagai akal sehat dan beberapa kecenderungan filosofis, atau sebagai serangkaian ide yang dikemukakan oleh kelas masyarakat yang dominan kepada seluruh anggota masyarakat.

Ideologi merupakan sistem keyakinan yang menyembunyikan kontradiksi-kontradiksi internalnya. Artinya, dalam setiap ideologi disembunyikan kontradiksi- kontradiksi dalam ajaran-ajarannya. Misalnya, di dalam ajaran demokrasi liberal terdapat kelemahan-kelemahan yang merugikan sesama manusia dalam pemberian kesempatan untuk berkembang. Manusia yang gagal merupakan orang-orang yang tidak bisa mencapai kesuksesan dan bukan kontradiksi dalam sistem ekonomi itu sendiri.

Pengertian Ideologi Menurut Etimologi

Kata Ideologi pertama kali diperkenalkan oleh filsuf Prancis Destutt de Tracy terhadap tahun 1796. Kata ini berasal dari bahasa Prancis idéologie, merupakan gabungan 2 kata yaitu, idéo yang mengacu kepada gagasan serta logie yang mengacu kepada logos, kata dalam bahasa Yunani buat memaparkan logika serta rasio. Destutt de Tracy memakaikan kata ini dalam pengertian etimologinya, sebagai "ilmu yang meliputi kajian mengenai asal usul serta hakikat ide atau gagasan".


Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Berikut sebagian pengertian ideologi yang dikemukakan oleh tokoh-tokoh kenegaraan.

Pengertian Ideologi Menurut Francis Bacon 
Ideologi adalah sintesa pemikiran mendasar dari suatu konsep hidup. 
Pengertian Ideologi Menurut Gunawan Setiardjo 
Ideologi adalah kumpulan ide atau gagasan atau aqidah 'aqliyyah. (akidah yang sampai melalui proses berpikir) yang melahirkan aturan-aturan dalam kehidupan.
Pengertian Ideologi Menurut Taqiyuddin An-Nabhani Mabda’ 
Ideologi adalah suatu aqidah aqliyah yang melahirkan peraturan. Yang dimaksud aqidah adalah pemikiran yang menyeluruh tentang alam semesta, manusia, dan hidup, serta tentang apa yang ada sebelum dan selepas kehidupan, di samping hubungannya dengan Zat yang ada sebelum dan sesudah alam kehidupan di dunia ini. Atau Mabda’ adalah suatu ide dasar yang menyeluruh mengenai alam semesta, manusia, dan hidup. Mencakup dua daerah yaitu, fikrah dan thariqah.
Pengertian Ideologi Menurut Destutt de Tracy 
Ideologi adalah studi terhadap ide – ide/pemikiran terdefinisi jelas. rujukan oleh Descartes Ideologi adalah inti dari semua pemikiran manusia 
Pengertian Ideologi Menurut Napoleon 
Ideologi keseluruhan pemikiran politik dari rival–rivalnya. 
Pengertian Ideologi Menurut Ismail Ideologi (Mabda’) 
Ideologi adalah Al-Fikru al-asasi al-ladzi hubna Qablahu Fikrun Akhar, pemikiran mendasar yang sebanding sekali tidak dibangun (disandarkan) di atas pemikiran pemikiran yang lain. Pemikiran mendasar ini merupakan akumulasi jawaban atas pertanyaan dari mana, untuk apa dan mau ke mana alam, manusia dan kehidupan ini yang dihubungkan dengan asal muasal penciptaannya dan kehidupan setelahnya
Pengertian Ideologi Menurut Machiavelli 
Ideologi adalah sistem perlindungan kekuasaan yang dimiliki oleh penguasa 
Pengertian Ideologi Menurut Karl Marx 
Ideologi merupakan alat untuk mencapai kesetaraan dan kesejahteraan bersama dalam masyarakat 
Pengertian Ideologi Menurut Thomas H 
Ideologi adalah suatu cara untuk melindungi kekuasaan pemerintah agar dapat bertahan dan mengatur rakyatnya.
Pengertian Ideologi Menurut Dr. Hafidh Shaleh 
Ideologi adalah sebuah pemikiran yang mempunyai ide berupa konsepsi rasional (aqidah aqliyah), yang meliputi akidah dan solusi atas seluruh problem kehidupan manusia. Pemikiran tersebut sesegera bisa jadi mempunyai metode, yang meliputi metode untuk mengaktualisasikan ide dan solusi tersebut, metode mempertahankannya, serta metode menyebarkannya ke seluruh dunia.
Pengertian Ideologi Menurut definisi Alfian 
Pengertian ideologi adalah suatu pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam tentang kaya gimana cara yang sebaiknya, yaitu secara moral dianggap benar dan adil, mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai segi kehidupan. 
Pengertian Ideologi Menurut Pendapat CC. Rodee 
Yang menyatakan bahwa pengertian ideologi adalah sekumpulan yang secara logis berkaitan dan mengindentifikasikan nilai-nilai yang memberi keabsahan bagi institusi dan pelakunya. 
Pengertian Ideologi Menurut Ali Syariati 
Mengenai pendapat tentang pengertian ideologi yang mengatakan bahwa ideologi adalah sebagai keyakinan-keyakinan dan gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, suatu kelas sosial, suatu bangsa atau suatu ras terdefinisi jelas.
Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa Ideologi (mabda’) adalah pemikiran yang mencakup konsepsi mendasar tentang kehidupan dan memiliki metode untuk merasionalisasikan pemikiran tersebut berupa fakta, metode menjaga pemikiran tersebut agar tidak menjadi absurd dari pemikiran-pemikiran yang lain dan metode untuk menyebarkannya.


Hal Yang berikan pengaruh Ideologi
  • Ekonomi sebagai basisnya
  • Kelas yang berkuasa
  • Kekuasaan represif

Sesuatu yang berlawanan dengan kebenaran sejati Ideologi juga dapat didefinisikan sebagai aqidah 'aqliyyah. (akidah yang sampai melalui proses berpikir) yang melahirkan aturan-aturan dalam kehidupan. 

Dalam artian akidah ialah pemikiran menyeluruh tentang alam semesta, manusia, dan hidup serta tentang apa yang ada sebelum dan selepas kehidupan, di samping hubungannya dengan sebelum dan sesudah alam kehidupanDapat. dikatakan ideologi apabila memiliki dua syarat, yaitu:
  • Ide yang meliputi aqidah 'aqliyyah. dan
  • penyelesaian masalah hidup


Ideologi politik

Dalam ilmu sosial, ideologi politik adalah sebuah himpunan ide dan prinsip yang menjelaskan kaya gimana seharusnya masyarakat bekerja, dan berikan choices ringkasan order masyarakat terdefinisi jelas. Ideologi politik biasanya mengenai dirinya dengan kaya gimana mengatur kekuasaan dan kaya gimana seharusnya dilakukan.

Teori komunis Karl Marx, Friedrich Engels dan pengikut mereka, sering dikenal dengan marxisme, dianggap sebagai ideologi politik paling berpengaruh dan dijelaskan lengkap pada abad 20.

Contoh ideologi lainnya termasuk: anarkisme, kapitalisme, komunisme, komunitarianisme, konservatisme, neoliberalisme, Demokrasi Islam, demokrasi kristen, fasisme, monarkisme, nasionalisme, nazisme, liberalisme, libertarianisme, sosialisme, dan demokrat sosial.

Kepopuleran ideologi disebabkan berkah pengaruh dari "moral entrepreneurs", yang kadangkala bertindak dengan tujuan mereka sendiri. Ideologi politik adalah badan dari ideal, prinsip, doktrin, mitologi atau simbol dari gerakan sosial, institusi, kelas, atau grup besar yang memiliki tujuan politik dan budaya yang setara. Merupakan dasar dari pemikiran politik yang menggambarkan suatu partai politik dan kebijakannya.

Artikel pada Blog ini kami kutip dari berbagai asal pati. Semoga artikel tentang Pengertian Ideologi dapat bermanfaat dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan dan kekurangan pada penulisan artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.

Sumber :
http://www.artikelsiana.com/2015/03/pengertian-ideologi-ideologi-definisi-para-ahli.html
http://seputarpengertian.blogspot.co.id/2015/08/pengertian-ideologi.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Ideologi : Ideologi Pancasila dan Ideologi Lainnya Lengkap"

Post a Comment