Pengertian wifi, fungsi wifi, kelebihan dan kekurangan wifi


Di indonesia, sekarang akses internet sudah meluas hingga sampai ke pedesaan akan tetapi belum meluas merata ke seluruh pelosok negara indonesia. Di kota-kota sudah banyak sekali jaringan internet yang sudah tersedia. Dan di kota pun sudah menggunakan akses internet yang bernama wifi. Apakah kalian tahu apa itu wifi? Dan pengertian wifi? Kalau belum mari kita belajar bersama-sama Teknowtek. Kita akan membahas tentang wifi! Mari simak baik-baik sob. Cekidot!

1. Pengertian wifi
Wifi adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan atau media penghantar komunikasi untuk bertukar data/program dengan kemampuan yang cepat secara nirkabel (tanpa kabel). Wifi mengacu pada sebuah sistem yang menggunakan standar 802.11 yang dikembangkan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) dan dirilis pada tahun 1997. kenapa wifi bisa cepat dalam transfer data? Karena wifi menggunakan jaringan radio yang bekerja pada frekuensi tertentu

Wifi biasanya digunakan di kantor-kantor, perusahaan, sekolah yang areanya cukup luas untuk bertukar data. Namun biasanya wifi yang ada di daerah kita digunakan untuk akses internet seperti di rumah, restoran, taman dan lain-lain.

Bacajuga: cara menghidupkan wifi di windows 7, 8 dan 10

Cara kerja wifi sebagai alat akses internet yaitu dengan memunculkan koneksi hotspot sebagai titik pusat akses dan perangkat seperti handphone, laptop, komputer yang bisa masuk ke akses tersebut untuk bisa tersambung ke internet akan tetapi untuk masuk ke wifi tersebut kita harus memasukan password dan ada juga yang bisa langsung masuk tanpa memasukan password tergantung si pemilik wifinya yang menerapkan password atau tidak.

2. Fungsi wifi

  1. Sharing file/bertukar, berbagi file Di dalam jaringan wifi kita bisa bertukar file tanpa ribet, karena wifi menggunakan jaringan tanpa kabel (nirkabel) dan berbagi file dengan cepat tanpa lambat.
  2. Security/sistem pengaman Maksudnya disini kita bisa melacak handphone yang di curi atau hilang dengan jaringan wifi terutama iphone tetapi si handphon harus tersambung dengan jaringan wifi.
  3. Sinkronisasi tanpa menggunakan Usb Kamu bisa menyinkron data dari handphon ke prangkat lain seperti komputer, laptop tanpa menggunakan usb. Hanya perlu dengan wifi kamu juga bisa dengan di tambah beberapa aplikasi
  4. Straiming film ke wifi kita bisa straiming film dengan menggunakan wifi dan menyambungkan nya ke tv. Jadi bisa menjadi hibutan rumah modern anda. 
  5. Sebagai saranan komunikasi-informasi Dengan wifi kalian bisa mengakses internet tentu bisa masuk ke sosial media, youtube, dan yang lainnya. Dan juga wifi bisa menjadi akses yang cepat dalam berkomunikasi dan informasi.

3. Kelebihan dan kekurangan wifi

Kelebihan wifi:
  • Akses internet yang cepat.
  • Tranferdata secara nirkabel.
  • Jangkauan yang cukup luas.
  • Harga wifi yang lumayan murah.
  • Bisa digunakan dimana saja. Asal ada jaringan di daerah tersebut.
  • Mudah digunakan.
  • Data wifi anlimited.
  • Competible ke semua perangkat.
Kekurangan wifi:
  • Mudah di bobol/hack
  • Kecepatan selalu terpengaruh oleh kondisi cuasa/iklim
  • Memerlukan asupan listrik yang cukup besar.
  • Batasan akses wifi
Semoga artikel ini membantu kalian sob dalam pengetahun mengenai wifi. Maaf bila ada kesalahan dalam penyanpaiannya. Jika artikel ini membantu sobat. Silahkan like, komentar, dan share. Terimakasih:)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian wifi, fungsi wifi, kelebihan dan kekurangan wifi"

Post a Comment