Isi Perjanjian Renville beserta Latar Belakang Perjanjian Renville (Lengkap)

Isi Perjanjian Renville beserta Latar Belakang Perjanjian Renville - Perjanjian Renville dibentuk setelah perjanjian linggarjati. Kalian memahami dan mengetahui mengenai perjanjian ini adalah dengan memasuki materi IPS kelas 5 sd. Pasti dari guru kalian banyak sekali pertanyaan tentang perjanjian renville yang salah satunya adalah apa saja isi perjanjian renville?





isi perjanjian renville



ISI PERJANJIAN RENVILLE

Isi perjanjian renville ada berapa sih emangnya? Perjanjian Renville ini memang menimbulkan banyak pertanyaan mengenai isi perjanjian renville sendiri yah guys.

Pada tanggal 1 Agustus 1947, Dewan Keamanan PBB memerintahkan agar pihak Indonesia dan Belanda menghentikan tembak-menembak itu. Akhirnya pada tanggal 4 Agustus 1947, Belanda mendeklarasikan pengumuman gencatan senjata dari pihak belanda sendiri. Gencatan senjata adalah penghentian tembak menembak di antara pihak-pihak yang berperang.

Dengan kata lain disini, PBB membantu penyeleseaian sebuah masalah atau sengketa yang melibatkan antara Indonesia dan belanda dengan cara membentuk sebuah badan Komisi Tiga Negara yang terdiri atas :

1. Australia, dipilih oleh Indonesia;

2. Belgia, dipilih oleh Belanda;

3. USA dipilih Australia dan Belanda


KTN ini difungsikan untuk mem prakarsai perundingan antara Indonesia dengan belanda. Perundingan ini dilakukan di atas sebuah kapal Renville, yaitu kapal Angkatan Laut Amerika Serikat. Oleh karena itu, hasil perundingan ini dinamakan perjanjian renville. 

Dalam perundingan renville ini negara Indonesia dan Belanda dan masing-masing anggota KTN diwakili oleh sebuah delegasi. Yang mana delegasi perjanjian renville adalah sebagai berikut :

1. Delegasi Indonesia dalam perjanjian renville dipimpin oleh Mr. Amir Syariffudin

2. Delegasi Blelanda dalam perjanjian renville dipimpin oleh  R Abdul Kadir Wijoyoatmojo

3. Delegasi Australia dalam perjanjian renville dipimpin oleh Richard C Kirby

4. Delegasi Amerika Serikat dalam perjanjian renville dipimpin oleh Frank Porter Graham


ISI PERJANIAN RENVILLE

Lalu apa sih isi perjanjian renville itu sendiri? Nah ini dia isi perjanjian renville adalah sebagai berikut :

1. Belanda hanya mengakui daerah Indonesia atas Jawa Tengah, Yogyakarta, sebagian kecil Jawa Barat dan Sumatera.

2. Tentara RI ditarik mundur dari daerah yang telah diduduki Belanda.

Nah itulah dua isi perjanjian renville yang dapat kami sajikan. Gimana tentang tugas sejarah sebutkan isi perjanjian renville? Sudah terjawab kan disitu? Terimakasih :)

Sumber : Buku IPS Kelas 5 SD

Mungkin juga kamu mencari mengenai isi perjanjian renville, renville, isi perjanjian renville 17 januari 1948, isi perjanjian renville lengkap, latar belakang perjanjian renville

Kesimpulan dari isi perjanjian renville adalah sangat merugikan bagi Indonesia. Yang mana setelah diadakannya perundingan renville ini  wilayah Indonesia semakin sempit.

Yang kamu cari : jelaskan isi perjanjian renville serta tanggapan rakyat indonesia, apa isi perjanjian renville, isi perjanjian linggarjati dan renville, isi perjanjian renville serta tanggapan rakyat indonesia, isi pokok perjanjian renville, isi perjanjian renville 17 januari 1948, isi perjanjian kmb di den haag, isi perjanjian renville tanggal 7 januari 1948


BACA JUGA : Isi TRIKORA Lengkap
BACA JUGA : Isi Tritura Lengkap

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Isi Perjanjian Renville beserta Latar Belakang Perjanjian Renville (Lengkap)"

Post a Comment