Tips editing video seperti film jadul


Awalnya saya mempunyai projeck pembuatan film pendek tentang proses awal kemerdekaan bangsa Indonesia. Lalu saya berfikir, kan kamera di zaman sekarang kualitasnya sudah bagus-bagus dengan pengambilan gambar yang sangat jelas, sedangkan untuk pembuata film tentang awal kemerdekaan menceritakan zaman dahulu dan harus memberikan kesan effeck jadul bukan. oleh sebab itu kali ini TEKNOWTEK akan mengeshare tips editing video seperti film jadul. Nah ada beberapa hal yang bisa membuat film kita terasa kesan pada jaman dahulu yaitu:
  1. Menurunkan fps pada video kita
  2. Memberikan effect hitam putih
  3. Menerapkan latar film jadul
Oke kita langsung saja ke tutorialnya cekidot!

  1. Siapkan video yang akan di edit
  2. Import video tersebut kedalam adobe premiere pro cc
  3. Mengubah/memanipulasi fps nya menjadi 8 fps karena video sekarang 25 fps sedangkan video jadul 8 fps oleh sebab itu mari kita ubah dengan cara:
    Pertama klik tab effect cari dengan kata kunci posterize time lalu tempelkan ke video kalian dan saat itu juga kalian ubah fps nya menjadi 8 fps, maka seketika indikator kalian menjadi merah.                   Singkatnya: klik tab effect->posterize time->tempelkan ke video->ubah fps di effect controls->ubah menjadi 8fps             
         
                                                       Mengatasinya cukup mudah kita hanya perlu pergi ke tab sequence lalu klik render in to out. Maka otomatis akan kembali normal.                               Singkatnya: klik tab sequence->render in to out                                                                      
  4. Menambahkan effect black and white dengan cara:
    klik tab effect cara dengan kata kunci black & white setelah itu tempelkan pada video kalian.                                                                     Singkatnya: klik tab effect->search black & white->tempelkan pada video                    
  5. Menambahkan old film texture dengan cara:
    Pergi ke youtube lalu cari old film texture setelah itu kalian download dan tempelkan pada video kalian pada atas video yang awal.
     Lalu kalain copy sebanyak mungkin sampai menutupi video kalian.  
    Selanjutnya kalian blok old film texture tadi dan kalian klik kanan pada mouse lalu pilih nest beri nama dengan old film texture.
    Setelah itu pergi ke effect controls lalu ubah dari normal menjadi overley atau multiply itu terserah kalian kalian maunya yang mana. Kalau overley cahayanya sangat terlihat dan kalau multiply gambarnya sedikit gelap. 
Overlay
Multiply

Sekian mengenai tips editing video seperti film jadul. Mohon maaf jika ada yang salah dalam memberikan tips-nya. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat, jika artikel ini membantu buat kalian silahkan like dan share. Terimakasih:)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips editing video seperti film jadul"

Post a Comment