Pembahasan Letak Astronomis dan Geografis Indonesia

Learnesiaku.com - Apa kalian orang indonesia asli? kalau kalian orang indonesia tahukah kalian bagaimana letak Astronomis dan Geografis indonesia,  Indonesia Adalah negara kepulauan yang sangat banyak.

Secara geografis, Indonesia terletak di antara Benua Australia dan Asia, serta di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik dan secara Astronomis Indonesia berada di 6o LU (Lintang Utara) - 11o LS (Lintang Selatan) dan 95o BT (Bujur Timur) - 141o BT (Bujur Timur), yang mana indonesia memiliki keuntungan tersendiri pada posisi Geografis dan Astronomis tersebut.

A. Pengaruh Letak Geografis Indonesia
Indonesia Hanya memiliki dua Musim yaitu Panas dan Dingin hal ini terjadi karena indonesia sendiri terletak pada garis katulistiwa dan dipengaruhi oleh angin musim yang berhembus tiap enam bulan sekali.

B. Pengaruh Letak Astronomis Indonesia
Letak astronomis adalah letak suatu tempat berdasarkan garis lintang dan garis bujur, Indonesia Terletak pada 6* LU (Lintang Utara) - 11* LS (Lintang Selatan) Sehingga Indonesia BerIklim Tropis, Iklim Tropis sendiri Memiliki Ciri-ciri Sebagai Berikut :
  1. Curah Hujan yang tinggi
  2. banyak terdapat hutan hujan tropis
  3. Kelembaban Udara yang tinggi
  4. Sinar matahari sepanjang tahun
Indonesia Terletak pada Garis Bujur 95o BT (Bujur Timur) - 141* Sehingga indonesia Terbagi menjadi 3 Zona Waktu, Yaitu Waktu indonesia Timur ( WIT ), 
Waktu indonesia Tengah ( WITA) dan Waktu indonesia Barat ( WIB).

a. Waktu Indonesia bagian Barat (WIB)

Daerah yang berada di Indonesia bagian barat memiliki selisih waktu +7 terhadap GMT (Greenwich Mean Time). Wilayah-wilayahnya antara lain Sumatera, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

b. Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA)

Wilayah Indonesia tengah memiliki selisih waktu +8 terhadap GMT (Greenwich Mean Time). Wilayah-wilayahnya antara lain Bali, Nusa Tengara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Pulau Sulawesi, dan pulau-pulau kecil sekitarnya.

c. Waktu Indonesia bagian Timur (WIT)

Indonesia bagian timur memiliki selisih waktu +9 terhadap GMT (Greenwich Mean Time). Wilayah-wilayahnya antara lain Kepulauan Maluku, Papua, Papua Barat, dan pulau-pulau kecil sekitarnya.

Nah itulah penjelasan dari Letak Geografis dan Astronomis Indonesia Berserta Pengaruhnya bagi indonesia, Jangan lupa Share Artikel Learnesiaku.com untuk mendukung blog ini berkembang dan bermanfaat bagi banyak orang.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Pembahasan Letak Astronomis dan Geografis Indonesia "

  1. terakhir belajar ini waktu sma kelas 10 :D



    kunjungin juga ya kak nurilhuda4.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. wiih gitu yaa :D terakhir belajar ginian waktu kelas 7 Mts :D Nice Post !

    ReplyDelete