Tips membuat video dokumenter


Dokumenter yaitu dokumentasi dalam bentuk film/video mengenai suatu peristiwa yang bersejarah/spesial. Dan dukumenter ini berguna untuk kita mengingat sesuatu peristiwa yang sudah lama berlalu atau suatu media kenangan dalam sebuah peristiwa yang spesial dalam hidup kita.

Biasanya video dokumenter ini ada di acara pernikahan, 17 agustusan, dan acara-acara yang lain biasanya menggunakan video dokumenter juga.

Di acara pernikahan kita sering melihat seorang kameramen yang sedang merekam sesi-sesi dalam pernikahan. Apakah mereka asal merekam semua keadaan di pernikahan saja ? Tentu tidak. Ada tehnik agar perekaman sebuah acara bisa menjadi berkelas/bagus. Dan mereka pun di bayar cukup lumayan loh bisa mancapai 2-5 jutaan lebih.

Awalnya saya pun pernah disuruh membuat dokumenter pada saat itu dalam acara jambore pramuka dan pada saat itu pula saya belum mengerti apa saja yang perlu di perhatikan dalam pembuatan dan shut-shut kamera yang bagus saat membuat video dokumentasi. Tapi saya tidak menyerah dan mencari tahu bagaimana cara membuat video dokumentasi yang bagus dan berkelas. Dan akhirnya saya tahu point-point yang harus di perhatikan dalam pembuat video dokumenter. Oke simak baik-baik ya kawan ini hasil pengalaman saya. Cekidot.!
  1. Persiapan                                                    Dalam hal persiapan ini kalian harus mempersiapkan kamera, cadangan battrey, cadangan memory dan bila perlu setiap pengambilan video kalian langsung backup ke laptop, alat pemegang kamera agar tidak goyang saat pengambilan gambar. Dan disini kalian harus tahu jadwal-jadwal tiap acara jangan sampai kita ke tinggalan satu acarapun. Karena disini kita mengejar momen dan moment itu tidak bisa terulang dua kali. Beda halnya dengan kita membuat film jika gagal sedikit kita bisa mengulangnya kembali, kalau video dokumenter berbeda kita yang harus mengejar momen tersebut. Dalam hal ini kita harus  benar-benar memperhatikannya. 
  2. Setting kamera                                         Setting kamera sangat mempengaruhi hasil video dokumenter jika kita ingin membuat slow motion kita harus seting kamera kita menjadi 40-50 fps agar video kita saat di slow motion-kan tidak pecah-pecah gambarnya. Dan setting kualitas gambar, lebih baik kita setting menjadi 1080p karena untuk menghasilkan gambar yang bagus.
  3. Tahap editing                                                     Di tahap editing ini ada beberapa point yang bisa membuat video kita menjadi bagus dan berkelas yaitu:
  • Warp stabilizer                                Kegunaan warp stabilizer sendiri yaitu agar video kita tidak goyang-goyang saat pengambilan video. Kalian bisa menemukan effect ini di adobe premiere pro cc dengan cara: klik effect tab-> tulis dipencarian warp stabilizer-> tempelkan effect tersebut kedalam video. Walaupun ada effect warp stabilizer kita jangan tergantung pada effect tersebut kita usahakan perekamannya jangan sampai goyang dan dengan ditambahkan effect ini saat mengedit, agar lebih mulus dan tidak goyang.
  • Slow motion                                  Penambahan slow motion juga sangat bagus dalam pembuatan video dokumenter. Contohnya saat di adegan bersalaman dalam pembagian juara kita bisa tambahkan effect slow motion ini. Kalian bisa membuat effect slowmotion di adobe premiere pro cc dengan cara: blok video yang akan di slow motion-kan-> klik kanan pada mouse-> pilih tab speed-> lalu kurangi kecepatannya menjadi 50% atau berapapun itu terserah kalian tapi jangan berlebihan dan jangan sampai videonya pecah.
  • Backsound                                    Penambahan musik juga mempengaruhi terhadap pembuatan video dokumenter. Kalian bisa menambahkan musik di setiap adegan tapi pilihlah musik yang sesuai dengan video kalian agar penambahan musik ini menjadi point yang berpengaruh dalam video kalian menjadi bagus.
Cukup sekian mengenai tips pembuatan video dokumenter dan cara editing-nya. Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu kalian. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian dan bila ada yang kurang menurut kalian dalam artikel ini silahkan komen di bawah sini karena itu sangat membantu sekali buat saya. Jangan lupa like dan share. Terimakasih:)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips membuat video dokumenter"

Post a Comment