Pengertian MBR (master boot record)


Masih sering ada yang bertanya-tanya apa itu MBR?.. oke oleh karena itu kali ini TEKNOWTEK akan membahas sedikit tentang pengertian dari MBR.

kepanjangan dari nama partisi MBR itu sendiri yaitu MASTER BOOT RECORD, pada dasarnya MBR itu suatu partisi  dalam sebuah hardisk, pertama kali kamu partisi sebuah disk MBR lah yang memegang informasi mengenai logical partition, yang juga berisi file sistem dan yang mengatur sistem tersebut. Disisi yang lain MBR memiliki sejenis kode yang berguna untuk mengatur partisi dari volume boot record (VBR)

Konsep MBR ini sudah dikenal sejak tahun 1983. Mbr ini hanya meng-support/membaca harddisk yang berukuran 2TB, jika lebih dari 2TB partisi MBR tidak dapat berfungsi. Sedangkan pada zaman sekarang kapasitas hardisk sudah banyak yang melebihi dari 2TB. Oleh sebab itu muncul teknologi baru dalam pem-partisian yaitu GPT.

Baca  juga: Pengertian GPT

Fungsi MBR
  1. Membaca data awal saat menghidupkan komputer (disebut proses booting).
  2. Mencari sektor utama dari data yang aktif guna untuk mendapat boot sektor dari partisi tersebut.
  3. Menyimpan boot sektor kedalam memory.
  4. Memberikan kode kontrol yang dapat dijalankan didalam boot sektor.
Struktur dari partisi MBR
 


Dari gambar diatas dapat disimpulakn dalam partisi MBR terdapat tabel partisi pembangun MBR.
  1. Primary partition yaitu, type partisi utama dalam hardisk, dalam partisi ini terjadi proses yaitu proses awal booting komputer/laptop untuk masuk SO. Jumlah partisi Primary ini dibatasi maksimal 4.
  2. Extended partition yaitu, merupakan bagian dari partisi utama yang berfungsi untuk merangkap logical partition, jumlah-nya hayang 1 disetiap hardisk.
  3. Logical partition yaitu, bagian partisi MBR yang tidak menjalankan proses booting tetapi hanya menyimpan data saja. Jumalahnya taterhingga didalam setiap hardisk, partisi logical ini terdapat dalam partisi extended. Jadi partisi logical ini bertumpu pada partisi extended.
Sekian pengertian MBR (Master boot record). Mohon maaf jika ada salah dalam penyampaian. Jika artikel ini berguna bagi kalian silahkan like dan share. Terimakasih :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian MBR (master boot record)"

Post a Comment