Pengertian GPT (guid partition table)


Apa yang dimaksud GPT? ya banyak sekali yang belum tahu apa pengertian dari GPT sendiri. GPT yaitu singkatan dari (guid partition table). Disaat pertama membeli laptop/komputer hardisk kita sudah terpasang dengan partisi yang namanya GPT atau MBR. Berawal dari sinilah kita menginstal OS dan juga menyimpan data penting. Untuk itu pengaturan partisi yang baik dan benar harus diperlukan.tapi kali ini saya akan membahas tentang GPT. Soal pembahasan partisi MBR akan saya bahas di post yang akan datang.

Baca juga:pengertian MBR

GPT atau Guid partition table adalah table partisi standar terbaru dalam teknologi partisi hardisk untuk layout partisi hardisk dengan menggunakan Globally unique identifer dimana didalam partisi ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan MBR. Didalam partisi terdapat beberapa sektor booting sektor pertama di isi dengan informasi disk dan SO. Dalam hal ini MBR memiliki kekurangan yaitu pada saat partisi MBR rusak, maka semua data yang tersimpan didalam partisi akan corrup, dan ini akan memengarusi saat penyalan komputer proses booting akan gagal karena data SO corrup dan tidak dapat booting. Beda hal nya dengan GPT data file pada sektor utama dapat ditiru lebih dari satu kali, sehingga pada saat data sektor utama corrup tidak akan memengaruhi proses booting SO. Itulah salah satu yang membedakan antara partisi MBR dan GPT. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat tabel partisi GPT berikut ini:


Setelah melihat gambar partisi diatas kita dapat menyimpulkan tiap tabel partisi terdapat beberapa sektor penyimpanan data-data lebih dari satu kali. Hal ini juga berbeda dengan tabel penyimpanan pada partisi MBR yang hanya memanfaatkan tiap partisi. Selain itu catatan tambahan tentang tabel partisi MBR hanya support 4 partisi primary. Sedangkan dalam tabel partisi GPT bisa support 128 partisi primary. Sehingga dalam partisi GPT hanya mendukung beberapa SO. Karena GPT sistem partisi yang baru sehingga hanya support beberapa SO yang baru. Maka dari itu banyak beberapa kasus ketika kita ingin menginstal SO terjadi peringatan windows cannot be installed disk. Hal ini disebabkan karena partisi tidak support pada SO yang akan diinstal.

oke.. itu saja tentang pengertian GPT. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam informasinya. Jika artikel ini berguna bagi kalian. Mohon di like dan share. Terimakasih:)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian GPT (guid partition table)"

Post a Comment