Cara mengkompres/memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitas video


Awalnya beberapa minggu yang lalu, saya ada projek membuat film pendek tentang cerita awal kemerdekan indonesia. Dan saat itu saya menjadi editornya, saya mengedit video dengan software adobe premiere pro cc saat meng-export video-video dari beberapa adegan dan ditambah berbagai effects, alhasil video yang di export size nya sangat besar mencapai 990 mb atau hampir 1gb. saya heran yang durasi video nya cuman 14 menit size sampai sebesar itu, akan tetapikan banyak video film-film yang ada di internet yang durasinya hampir semuanya 2 jam tapi size nya cuman 300 mb-an.. whatt..?? bagaimana cara nya ? saya juga awalnya heran lalu saya googling dan mendapatkan cara memperkecil ukuran vieonya tanpa mengurang kualitas video menggunakan software "handbrake".

Okee dengan saya lagi di tutorial TEKNOWTEK. Cerita tadi diatas itu memang pengalaman pribadi. Nah daripada ilmu yang sudah saya dapat mubazir, kali ini saya akan membagikan tutorialnya. okee cekidot..!!

Alat-alat yang dibutuhkan:
  • Software handbrake.
  • Video yang akan di kompres/diperkecil size-nya.

Tutorial/langkah-langkah:
  1. Buka software handbrake.
  2. Setelah itu klik open source lalu pilih file.
  3. Lalu pilih file yang akan di kompres/diperkecil size-nya.
  4. Selanjutnya klik browser (untuk mengatur tempat,nama dan hasil hasil kompresannya) disini saya akan memberi namanya "hasil kompresan" untuk membuktikan hasilnya nanti.
  5. Setelah itu jangan atur menu yang lain karena software handbrake akan mengatur otomatis. Atau tambahan centang "web optimized dan Ipod 5G support".
  6. Lalu klik "start encode" untuk memulain proses kompres.
  7. Setelah itu tunggu proses kompresnya selesai.

Setelah selesain proses kompresnya, ayo kita bandingkan hasil setelah di kompres dan sebelum di kompres perbedaan nya sangat menonjol bukan hampir 75% perbandingannya.

Oke itulah tutorial cara mengkompres/memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitas video, mohon maaf bila ada kata-kata yang salah dan kurang jelas dalam memberikan tutorial, jika anda kurang paham bisa komentar di bawah sini. Dan jika artikel ini bermanfaat silahkan like dan share. Terimakasih:)

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Cara mengkompres/memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitas video"

    Post a Comment